Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri. Mempunyai kepercayaan diri yang tinggi untuk setiap orang memang mudah tetapi untuk sebagian orang memperoleh kepercayaan diri yang tinggi sangatlah sulit. Mungkin memang orang tersebut tipikal pemalu atau tertutup. Kekurangan percaya diri sesorang memang tidak disebabkan oleh dirinya sendiri tetapi banyak faktor, seperti dari lingkungan keluarga yang tidak mengajarkan anak-anaknya bersosialisasi dan hanya disuruh didalam rumah saja, atau lingkungannya yang membuat dia menjadi tidak percaya diri seperti selalu dikatakan gendut atau pendek atau muka jelek dan sebagainya. Secara tidak sadar lingkunganlah yang membuat kita menjadi tidak percaya diri. Dan saat Anda sudah memasuki dunia kerja dimana Anda butuh untuk lebih percaya diri terutama saat menghadapi persaingan-persaingan antar karyawan atau untuk memperoleh pekerjaan, Anda baru merasakan ternyata saya tidak mampu untuk mengalahkan atau mendapatkannya karena saya kurang percaya diri. Percaya diri sangatlah penting buat setiap orang dalam kehidupan ini karena kita tidak akan berhenti bersosialisasi. Dengan rasa percaya diri yang tinggi bisa membantu Anda untuk sukses dalam pekerjaan, hubungan asmara, studi, serta pergaulan sosial. Bagi Anda yang kurang percaya diri namun ingin meningkatkan kepercayaan diri Anda maka cobalah beberapa tips dibawah ini agar percaya diri Anda dapat meningkat.

Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Berikut 15 cara untuk meningkatkan rasa percaya diri :

1. Berpenampilan rapi, menarik dan sopan
Pastikanlah Anda selalu berpenampilan rapi dan bersih. Perhatikan kebersihan dalam penampilan Anda seperti menggunakan baju yang sudah disetrika dan bebas dari noda. Pilihlah busana yang sesuai dengan situasi dan kondisi dan pastinya tetap sopan. Jangan lupa perhatikan juga kebersihan kulit, kuku dan rambut Anda. Pakailah parfum secukupnya agar Anda wangi saat bertemu seseorang. Dengan penampilan fisik yang bersih dan prima, secara otomatis rasa percaya diri Anda akan meningkat.

2. Pahami kekurangan diri Anda, dan atasilah kekurangan tersebut
Saat Anda akan mencoba untuk lebih percaya diri, namun ada hal yang dapat menghambat Anda, biasanya yaitu kita akan melihat kekurangan kita. Padahal bila kita tau kekurangan dalam diri kita, kita dapat mengatasinya dengan menonjolkan kelebihan yang kita punya, misal Anda seorang yang mempunyai tubuh pendek, namun Anda mempunyai selera humor yang bagus yang sering membuat teman Anda tertawa, maka bila kelebihan Anda tonjolkan, kekurangan Anda pun akan tertutup.

3. Tersenyum dan tatap lawan bicara Anda
Berikanlah senyuman terbaik Anda karena Anda akan tampak lebih percaya diri dihadapan orang lain ketika Anda tersenyum dan dapat dipastikan mereka akan membalas senyum Anda, dan senyum yang diberikan orang lain juga dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda. Selain tersenyum cobalah menatap lawan bicara Anda, karena dengan kontak mata sama halnya dengan tersenyum dapat menunjukkan bahwa Anda percaya diri.

4. Tak ada hal yang sempurna dan belajarlah dari kesalahan
Tidak ada orang yang sempurna di dunia ini, dan semua orang pasti pernah melakukan kesalahan. Namun, jangan menutupi rasa percaya diri Anda oleh ketakutan-ketakutan untuk mengulangi kesalahan yang pernah Anda lakukan di masa lalu. Tetapi cobalah mempelajari kesalahan-kesalahan tersebut sehingga tidak akan terulang lagi di masa depan dan menjadi sumber motivasi bukan menjadi trauma yang berkepanjangan.

5. Ubahlah suara dalam diri Anda
Tidak dipungkiri didalam diri kita pasti memiliki suara yang kerap kali mengatakan bahwa kita pendek, bodoh, gendut, tidak cukup mampu, bawel, dan lain-lain. Nah, sekarang cobalah Anda rubah suara yang berada didalam diri Anda dengan mengatakan saya mampu, saya gendut tapi saya pintar, saya pendek tapi saya menyenangkan, intinya buatlah suara dalam diri Anda menjadi teman pendukung yang paling mengenal dan mengetahui bakat anda, serta menginginkan Anda untuk mencapai sesuatu yang terbaik buat Anda.

6. Ikut ambil bagian
Untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda cobalah untuk ikut berbicara atau mengeluarkan pendapat saat seperti dalam rapat atau dalam pertemuan atau sedang berkumpul dengan teman, jangan takut untuk berbicara karena bila Anda lebih memilih diam tanpa mengucapkan satu patah kata pun terlihat Anda merasa tidak terlalu percaya diri pada saat itu.

7. Lupakan standar yang ditetapkan orang lain
Tidak akan mudah untuk mengikuti standar orang lain terhadap diri kita, namun bertahanlah pada standar yang kita miliki. Karena setiap orang memilki nilai yang berbeda terhadap diri Anda dan sekeras apapun Anda mencobanya, Anda belum tentu dapat memuaskan semua orang setiap saat.

8. Berdoalah
Salah satu cara untuk meningkatkan rasa percaya diri yaitu dengan berdoa, jika Anda percaya pada Yang Maha Kuasa maka berdoalah pada Yang Maha Kuasa. Terutama saat Anda sudah melakukan yang terbaik dan semua terasa cepat oleh Anda maka minta bantuanlah kepada Yang Maha Kuasa, berterima kasih atas berkat yang sudah Anda terima dan meminta kemudahan dan kelancaran sesuai kehendakNya.

9. Bicaralah perlahan
Saat Anda sedang berbicara di depan orang banyak, kemungkinan Anda akan berbicara lebih cepat karena Anda tidak percaya diri dengan apa yang Anda bicarakan dan tidak mau membuat orang lain menunggu hal-hal yang tidak layak didengarkan. Maka cobalah untuk berbicara perlahan karena Anda akan terlihat menjadi lebih percaya diri dan memberi Anda kesempatan untuk memikirkan apa yang akan Anda katakan selanjutnya.

10. Tentukan langkah Anda selanjutnya
Saat Anda dalam kondisi yang tidak tahu harus berbuat apa, maka temukan satu langkah sederhana yang dapat membantu Anda untuk terus maju, misal Anda bertanya kepada orang yang mewawancarai Anda perihal perusahaan atau industri yang sedang Anda lamar untuk menunjukkan pengetahuan Anda terhadap perusahaan atau industri mereka.

11. Gali kemampuan yang Anda miliki
Cobalah mulai dari sekarang Anda melihat kelebihan Anda, mungkin bila Anda susah untuk menemukan sendiri minta bantuanlah kepada orang yang terdekat dengan Anda. Bila sudah mendapatkannya cobalah diasah keahlian Anda tersebut sampai benar-benar lebih menonjol daripada kekurangan Anda. Misal Anda memili kemampuan untuk menceritakan hal-hal lucu, yang membuat suasana menjadi tidak tegang, maka Anda sering-seringlah membaca atau mencari kata-kata yang lucu.

12. Bersyukurlah atas apa yang anda miliki
Bersyukur dan berbahagialah dengan apa yang sudah Anda miliki sampai saat ini, baik itu fisik, non-fisik, material maupun non-material. Jangan terus melihat milik orang lain lebih baik karena akan membuat Anda memiliki rasa iri dan tidak percaya diri.

13. Berpikir positif
Teruslah melihat nilai positif dari setiap hal yang Anda lakukan, walaupun dalam keadaan yang paling buruk sekalipun.

14. Bantulah orang lain
Membantu orang lain dapat memberikan Anda lebih percaya diri karena ucapan terima kasih yang Anda terima dapat menjadi sumber energi yang membuat Anda lebih yakin akan diri Anda sendiri.

15. Berkomunikasilah dengan orang-orang terdekat Anda
Cobalah untuk becerita kepada orang yang terdekat dengan Anda, misal sahabat, kekasih atau keluarga, disaat Anda merasakan kekhawatiran dan ketakutan. Dengan bercerita kepada orang-orang tersebut akan membuat Anda lebih tenang dan mereka dapat memberika dukungan moral kepada Anda dan tidak hanya itu, Anda akan dapat masukan yang berguna untuk meningkatkan rasa percara diri Anda.

Demikian artikel kali ini yang membahas tentang Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri, semoga dapat bermanfaat dan membantu Anda yang kurang percaya diri. Selamat mencoba dan semoga Anda menjadi pribadi yang selalu percaya diri dalam segala hal.