Cara Menjalin Hubungan Baik dengan Mertua

Cara Menjalin Hubungan Baik dengan Mertua. Hal paling sulit yang dilakukan seorang istri adalah mampu menaklukan hati mertuanya, padahal sebenarnya jika kita sudah berada dalam suatu pernikahan mertua tidak seharusnya dianggap seperti orang lain melainkan orang tua kita sendiri. Sehingga inilah yang menjadi alasan perselisihan antara mertua dan istri atau menantu, perbedaan pendapat atau perselisihan biasanya sering terjadi apabila mertua ikut campur dalam rumah tangga anaknya, dan itulah yang menjadi kesalahpahaman antara keduanya. Jika seorang istri atau menantu mampu mampu menyenangkan hati mertuanya tidak menutup kemungkinan maka sang mertua akan lebih sayang terhadap menantu dibandingkan anaknya sendiri.

Cara Menjalin Hubungan Baik dengan Mertua

Akan tetapi pada kenyataannya banyak para istri yang sulit menyesuaikan diri dengan keluarga suaminya. Sedangkan menurut penelitian, dari sekitar 60 persen pernikahan para menantu kebanyakan memiliki ketegangan hubungan dengan ibu mertuanya, baik menantu perempuan dengan ibu dari suaminya, ataupun menantu pria dengan ibu dari istrinya. Maka dari itu setelah sepasang kekasih menikah tantangan terbesar dalam kehidupan berumah tangga yaitu menjalin hubungan baik dengan sang mertua. Karena pada dasarnya orang tua suami adalah orang tua kita juga, dan kita harus tetap menghormati dan menghargai segala perbuatan dan perkataannya. Semua orang tua sebenarnya ingin memberikan hal terbaik untuk anak-anaknya, namun karena faktor usia terkadang cara penyampaiannya merekalah yang salah seperti mengeluarkan tutur kata yang terlalu keras yang pada akhirnya dapat menyinggung hati.

Apabila jika anda ingin belajar menjadi menantu atau seorang isteri yang baik bagi suami maupun orang tuanya, sangatlah penting untuk menjalin hubungan baik terhadap keluarga sang suami terutama mertua. Untuk itu berikut adalah cara menjalin hubungan baik dengan mertua:

Sikap Positif
Coba tunjukkan sikap positif dengan ibu mertua, walaupun pada kenyataan yang sebenarnya tidak sesuai dengan keinginan anda. Karena sebenarnya pasti mereka mengingnkan yang terbaik bagi anak-anaknya termasuk menantunya.

Menghormati
Berusaha mengerti kepribadian mertua anda juga salah satu cara menciptakan suatu ikatan yang kuat terhadap keduanya. Sadari bahwa beliau memang lebih berpengalaman dan lebih bijaksana, cara tersebut dapat anda lakukan dengan selalu menghargai serta menghormati pendapat sang mertua.

Komunikasi
Teruslah menjalin silaturhmi dan komunikasi dengan seluruh keluarga suami anda termasuk kedua orang tuanya sampai anak-anaknya yang lain. Jika anda tidak sempat mengunjunginya secara langsung karena jarak yang terlalu jauh, anda juga dapat menggunakan media telepon dan menanyakan kabar seluru anggota keluarga. Dengan ini maka mertua anda akan merasa senang dan amat sangat diperhatikan.

Tersenyum dan Mengangguk
Jika anda sedang membahas sesuatu dengan mertua berikan reaksi dengan banyak tersenyum dan mengangguk. Akan tetapi apabila mertua berbicara yang salah, anda berhak dan tetap boleh ikut bicara tetapi tetap dengan baik-baik dan nada lembut agar tidak menyakiti perasaan sang mertua. Karena unumnya hal tersebut dapat mencegah perdepatan dan emosi antara keduanya.

Perhatian
Lakukanlah komunikasi sesering mungkin dengan mertua, tunjukkan padanya bahwa anda ingin mengenalnya lebih baik, dan menimba ilmu darinya seperti bagaimana cara menjadi ibu yang baik. Jangan pernah ragu untuk menanyakan sesuatu yang sekiranya belum anda ketahui tentang anak dan hidup berumah tangga.

Nah itulah cara yang dapat anda lakukan untuk menjalin hubungan baik dengan mertua, selain beberapa cara diatas sebenarnya masih banyak cara lainnya seperti selalu mendengarkan nasehatnya, ikut melibatkan diri pada setiap aktigitas yang dilakukan mertua, menanamkan sikap empati terhadap kedua orang tua suami, buatlah diri anda menjadi lebih rajin, selalu sabar serta berfikir positif dan lain sebagainya.